Sebelum masuk ke kelas melaksanakan kegiatan pembelajaran seorang guru akan mempersiapkan perencanaan tentang tata cara penyampaian materi pembelajaran, yang biasa kita kenal dengan sebutan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP memiliki fungsi sebagai pedoman bagi guru dalam mengatur proses pembelajaran. Menyusun RPP secara manual dapat memakan waktu yang cukup banyak, terutama jika diperlukan untuk sejumlah pertemuan. Untuk itu kita dapat memanfaatkan tool-tool yang saat ini banyak bertebaran di dunia maya baik berbayar maupun gratis. Tool-tool tersebut memiliki kemampuan membuat yang cepat karena di dalamnya dibekali dengan program Artificial Intelligence atau AI.
Di zaman teknologi modern seperti saat ini, keberadaan kecerdasan buatan (AI) semakin mempengaruhi banyak aspek, termasuk sektor pendidikan. Salah satu alat AI yang sangat berguna bagi para pendidik adalah ChatGPT. Dengan kemampuannya memahami dan menghasilkan teks yang kompleks, ChatGPT dapat membantu guru atau dosen menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan lebih cepat, efisien, serta tetap berkualitas tinggi. Di postingan ini saya akan membagikan pengalaman ketika pertama kali mencoba menggunakan tool dari ChatGPT untuk membuat Rencana Pembelajaran.
RPP dari ChatGPT ini merupakan contoh yang saya minta ketika pertama kali mulai menggunakan ChatGPT. Pada waktu itu saya belum paham dengan prompt penulisannya sehingga yang saya tuliskan lebih mirip seperti sebuah percakapan dengan orang lain. Ketika itu RPP yang terlintas adalah tentang RPP berdiferensiasi. Materi juga sekedar nulis saja dan waktu itu yang saya tulis adalah tema tentang arus laut di dunia. Model pembelajaran yang saya gunakan adalah Problem Base Learning (PBL). Di kotak prompt kemudian saya tuliskan sebagai berikut :
Hai ChatGPT.
Saya akan menyampaikan pembelajaran di kelas dengan tema Arus Laut di dunia.
Buatkan saya Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi menggunakan model Problem Base Learning untuk tema tersebut.
Hasil dari permintaan saya tersebut kemudian direspon oleh ChatGPT dengan menjawab permintaan seperti pada respon berikut :
Baik, Pak Andi! Saya akan membantu Anda membuat Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk tema Arus Laut di Dunia.
Berikut contoh rancangan lengkapnya:
📚 Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi
Mata Pelajaran: Geografi
Kelas/Semester: XI / Ganjil
Tema: Arus Laut di Dunia
Model Pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
Durasi: 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui model Problem Based Learning dan pendekatan berdiferensiasi, peserta didik diharapkan mampu:
- Menjelaskan pengertian dan faktor yang mempengaruhi arus laut.
- Mengidentifikasi arus laut utama di dunia.
- Menganalisis dampak arus laut terhadap iklim, ekosistem, dan aktivitas manusia.
- Menyajikan solusi atas masalah nyata terkait arus laut (misalnya dampak El Nino/La Nina, pencemaran laut, perubahan iklim).
B. Diferensiasi
| Aspek | Diferensiasi Konten | Diferensiasi Proses | Diferensiasi Produk |
|---|---|---|---|
| Gaya Belajar | Memberikan bahan belajar berupa artikel, video dokumenter, peta interaktif. | Siswa memilih cara menjawab masalah: diskusi, presentasi, mind map. | Produk akhir: poster, presentasi slide, infografis digital. |
| Kesiapan Belajar | Siswa dengan kemampuan tinggi diberikan studi kasus global (El Nino), siswa dengan kemampuan dasar fokus arus laut utama. | Kelompok heterogen dengan tutor sebaya. | Produk disesuaikan: ringkasan singkat atau analisis mendalam. |
| Minat | Siswa memilih topik masalah (pencemaran, perikanan, pariwisata). | Menggunakan role play jika tertarik drama/bercerita. | Karya kreatif: vlog, podcast, atau pameran kelas. |
C. Langkah Langkah Pembelajaran
| Tahap | Aktivitas Guru | Aktivitas Peserta Didik |
|---|---|---|
| 1. Orientasi Masalah (15 menit) | Menyampaikan fenomena nyata: misalnya pemutihan terumbu karang akibat arus laut hangat, El Nino, tumpahan minyak terbawa arus. | Mendengarkan, mencatat, mengajukan pertanyaan. |
| 2. Identifikasi Masalah (10 menit) | Membimbing siswa mendefinisikan masalah dan merumuskan pertanyaan penelitian. | Merumuskan pertanyaan masalah dalam kelompok. |
| 3. Pengumpulan Data (30 menit) | Menyediakan sumber belajar bervariasi (artikel, video, peta arus laut). | Mengakses sumber, mencatat informasi penting sesuai minat/kemampuan. |
| 4. Analisis dan Sintesis (20 menit) | Membimbing diskusi kelompok untuk menganalisis faktor penyebab dan dampak. | Diskusi kelompok, membuat rangkuman/mind map/infografis. |
| 5. Presentasi Solusi (15 menit) | Membimbing presentasi hasil analisis & solusi. | Menyajikan produk pembelajaran: presentasi, poster, vlog, dsb. |
| 6. Refleksi & Penilaian (15 menit) | Memberikan umpan balik & refleksi pembelajaran. | Refleksi: apa yang dipahami, tantangan, ide lanjutan. |
D. Penilaian
| Aspek | Teknik Penilaian | Instrumen |
|---|---|---|
| Pengetahuan | Tes lisan/tulis | Kuis, pertanyaan pemahaman |
| Keterampilan | Penilaian produk | Rubrik poster, presentasi, vlog |
| Sikap | Observasi | Lembar observasi kerjasama & keaktifan |
E. Sumber Belajar
- Peta Arus Laut Dunia
- Video dokumenter (NatGeo, BBC Ocean Currents)
- Artikel jurnal popular (El Nino/La Nina)
- Buku teks Geografi Kelas XI
Hasilnya cukup lengkap juga, tentu saja menyesuaikan dengan permintaan pada tulisan saya. Kemudian saya menambahkan tulisan untuk meminta ChatGPT sekalian membuatkan Lembar Kerja (LKS), Rubrik Penilaian dan File Presentasi Powerpointnya sekalian. Ternyata permintaan tersebut juga direspon dengan baik oleh ChatGPT. Berikut adalah contoh LKS hasil generatenya :
📄 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Tema: Arus Laut di Dunia
Model: Problem Based Learning
Identitas
Nama Kelompok: _________________________
Nama Anggota: _________________________
Kelas: XI _____
Tanggal: _________________________
Petunjuk Pengerjaan
- Baca dan pahami fenomena masalah di bawah ini.
- Diskusikan dengan kelompok untuk menjawab pertanyaan panduan.
- Sajikan hasil diskusi dalam bentuk yang disepakati (poster, presentasi, vlog, dll).
- Siapkan untuk dipresentasikan di depan kelas.
Fenomena Masalah
Kasus:
El Nino adalah fenomena arus laut hangat di Samudra Pasifik yang memengaruhi pola iklim global. Dampaknya dapat menyebabkan kekeringan panjang di Indonesia, banjir di Amerika Selatan, dan memengaruhi hasil tangkapan ikan nelayan.
Pertanyaan Panduan
- Apa pengertian arus laut? Sebutkan jenis-jenis arus laut di dunia!
- Faktor apa saja yang memengaruhi terbentuknya arus laut?
- Bagaimana fenomena El Nino terbentuk dan mengapa berpengaruh besar pada iklim?
- Apa dampak positif dan negatif arus laut bagi manusia?
- Solusi apa yang bisa diusulkan untuk membantu masyarakat menghadapi dampak El Nino?
Produk Akhir
✔️ Jenis Produk: Poster / Slide Presentasi / Infografis / Video Vlog (pilih salah satu)
✔️ Sertakan peta arus laut yang relevan.
✔️ Tuliskan sumber informasi yang digunakan.
✔️ Gunakan gambar/ilustrasi pendukung.
✅ RUBRIK PENILAIAN
| Aspek | Kriteria | Skor Maksimal |
|---|---|---|
| Pemahaman Konsep | Materi lengkap, jawaban tepat, runtut. | 30 |
| Kreativitas Produk | Menarik, inovatif, visual mendukung. | 30 |
| Kerjasama Tim | Tugas terbagi rata, komunikasi baik. | 20 |
| Presentasi | Cara penyampaian jelas, percaya diri, menjawab pertanyaan dengan tepat. | 20 |
| Total Skor Maksimal | 100 |
Ketika saya minta dibuatkan dalam format file docx dan ppt untuk bisa didownloadpun ternyata juga dibuatkan oleh ChatGPT. Sayangnya karena sambil menunggu pembuatan file tersebut saya gunakan untuk aktivitas lain, ternyata telah melewati waktu sesi penerjemahan sehingga file tersebut tidak bisa saya download.

Itulah pengalaman saya dalam membuat RPP Berdiferensiasi memanfaatkan tool AI ChatGPT. Pada postingan selanjutnya akan saya ulas juga pengalaman membuat RPP dengan tool yang lain.
Terimakasih atas kunjunganya.
Semoga Bermanfaat.


