Memanfaatkan Aplikasi QR Code Untuk Quiz Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Geografi
Blog Guru Geografi MAN 1 Gunungkidul
Era pandemi beberapa waktu lalu telah menjadi loncatan awal bagi para guru dalam memanfaatkan produk-produk Teknologi Informasi yang dapat mendukung pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar. Berbagai platform kelas maya seperti Google Classroom, Schoology dan banyak platform lain telah menjadi alternatif pilihan bagi guru untukβmelaksanakan pembelajaran secara daring. Agar kegiatan pembelajaran daring tersebut tidak monoton, maka guru kemudian juga mulai bereksplorasi dengan mencari aplikasi-aplikasi yang dapat membuat kegiatan pembelajaran daring menjadi lebih menarik untuk diikuti.
Begitu pula dengan berbagai eksplorasi yang saya lakukan pada waktu itu. Saya mencari beberapa aplikasi yang dapat saya gunakan agar kegiatan pembelajaran daring yang saya lakukan menggunakan Google Classroom dapat lebih hidup dan menarik bagi siswa/i untuk mengikuti. Pemanfaatan edugames seperti Quizizz, Kahoot dan Wordwall adalah beberapa contoh aplikasi yang saya pilih dan gunakan selama pembelajaran daring. Ada lagi aplikasi yang pernah saya terapkan satu kali pada waktu pandemi yaitu memanfaatkan aplikasi QR Code Scanner.
Pemanfaatan QR Code untuk melaksanakan Quiz ini hanya saya terapkan sekali pada saat pembelajaran daring karena masukan dari para siswa yang terpaksa harus menggunakan minimal 2 perangkat untuk mengerjakan soal. Satu perangkat untuk masuk Classroom dan satu perangkat sebagai pembaca QR Code. Atas dasar masukan tersebut maka penggunaan QR Code ini hanya saya gunakan sekali selama pandemi. Namun begitu pandemi dinyatakan selesai oleh pemerintah dan siswa/siswi sudah dapat mengikuti pembelajaran secara luring maka pemanfaatan aplikasi QR Code ini kemudian mulai saya terapkan lagi. Kenyataannya memang pelaksanaan pada saat luring membuat kuis berbasis QR Code membuat penasaran para siswa/siswi dan bersemangat untuk menjawab soal/tugas.

Nah QR Code sendiri apa maksudnya? dan bagaimana cara penggunaannya pada pembelajaran Geografi?
Pengertian umum QR Code atau Quick Response Code adalah suatu kode matriks dua dimensi yang didalamnya mampu menyimpan informasi hingga ribuan karakter alfanumerik. Ini merupakan kelebihan QR Code dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Barcode. Barcode adalah matriks satu dimensi yang hanya mampu menyimpan 20 angka saja.
QR code saat ini merupakan salah satu teknologi yang sangat praktis dan banyak digunakan di jaman yang saat ini serba digital. Kita pasti sudah banyak menemukan QR code ini di berbagai tempat.
Umumnya, QR code mampu menyimpan 2089 digit atau 4289 karakter, termasuk tanda baca ataupun karakter spesial di dalamnya. Dengan keunggulan tersebut, maka QR code mampu menampilkan berbagai teks, membuka URL, menyimpan kontak pada buku telepon, dll.

Berbagai kelebihan dari QR Code tersebut maka kemudian saya mulai berpikir bagaimana jika saya memanfaatkan QR Code untuk kegiatan pembelajaran Geografi di kelas. Bentuk pemanfaatan QR Code inipun bisa bermacam-macam, mulai dari memberikan rangkuman materi, memberikan perintah dan petunjuk pengerjaan tugas, menyampaikan soal-soal atau kuis. Kesemuanya disampaikan kepada siswa dalam format QR Code tersebut.
Pada postingan ini saya contohkan pemanfaatan QR Code untuk membuat Kuis Siapa Aku pada materi pesebaran Flora Indonesia. Adapun agar pelaksanaan kuis menggunakan QR Code dapat terlaksana maka ada beberapa persiapan awal yang harus saya lakukan, yaitu :
- Membuat paket soal tentang persebaran Flora Indonesia dalam bentuk Kuis Siapa Aku
- Mengubah soal kuis dari bentuk tekstual ke dalam bentuk QR Code menggunakan aplikasi Online QR Code Maker. Tidak ada rekomendasi khusus mengenai aplikasi online untuk membuat QR Code ini. Semua aplikasi QR Generator yang pernah saya coba baik sekali hasilnya. Semuanya bisa terbaca dengan cepat pada aplikasi pembaca QR Code.
- Membuat petunjuk pelaksanaan pembelajaran dalam bentuk QR Code pula.
- Memotong soal-soal Kuis yang sudah dalam format QR Code dan di tempelkan di lingkungan madrasah/sekolah sebelum pelaksanaan.
- Membuat format penilaian hasil pengerjaan kuis, meliputi skoring untuk benar salah jawaban dan urutan pengumpulan hasil pekerjaan.

Setelah semua persiapan sudah selesai, langkah-langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut :
- Guru masuk kelas, membuka pelajaran dengan salam dan berdoa bersama
- Guru menanyakan sekilas materi pada pertemuan sebelumnya
- Guru memberikan apersepsi dilanjutkan menyampaikan kegiatan kuis yang akan dilaksanakan.
- Siswa membuat kelompok dengan teman sebangku
- Guru menempelkan petunjuk pengerjaan tugas dalam bentuk QR Code di papan tulis.
- Guru meminta siswa/siswa menggunakan aplikasi pemindai Barcode atau Google Lens untuk membaca petunjuk soal.
- Guru keluar kelas menuju halaman, sambil menunggu siswa/i datang guru mengeluarkan kartu lembar jawab.
- Siswa/i telah sampai di halaman dan berkumpul membentuk lingkaran.
- Guru menyampaikan ulang garis besar pelaksanaan kuis
- Guru meminta siswa memindai QR Code berisi soal yang telah ditempelkan di lingkungan madrasah, minimal 15 dari 30 QR COde yang telah ditempel.
- Guru memberikan satu lembar kartu lembar jawab kuis.
- Siswa mulai mencari QR Code di lingkungan madrasah/sekolah
- Siswa/i menulis soal Teka Teki Siapa Aku hasil pemindaian ke kartu soal dari HP ke kertas lembar jawab kuis dengan menuliskan nomor soal, jawaban dari pertanyaan dan nama siswa.
- Siswa mengumpulkan kartu lembar jawab kepada guru dengan terlebih dahulu membaca soal dan jawabannya.
- Siswa mendapatkan 1 lembar kartu lembar jawab, mencari QR Code lagi di lingkungan sekolah/madrasah, menuliskan soal, menjawab dan dikumpulkan lagi ke guru untuk mendapatkan kartu lembar jawab teka-teki. Seterusnya sampai mengumpulkan minimal 15 soal.
- Guru mendata urutan siswa yang mengumpulkan jawaban, mengkoreksi jawaban dan memindahkan ke lembar penilaian.
- Setelah selesai pelaksanaan kuis, guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Berdasarkan pengalaman yang saya peroleh selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran memanfaatkan aplikasi QR Code ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya, antara lain.
Kelebihan pemanfaatan QR Code pada pelaksanaan Kuis Siap Aku Geografi
- Minat siswa/siswi menjadi meningkat.
- Siswa/siswi terlihat enjoy dalam mengikuti kuis
- Aktifitas siswa/i dalam mencari soal-soal kuis di lingkungan madrasah membuat mereka lebih banyak bergerak.
Sedangkan beberapa kekurangannya, terutama jika guru tidak melakukan pendampingan dan pengawasan antara lain :
- Media HP kadang lebih digunakan siswa/i untuk kegiatan lain di luar proses pembelajaran.
- Masih terlihat ada beberapa siswa yang tidak membantu siswa dalam kelompoknya
- Beberapa kelompok ada yang menunggu hasil pekerjaan kelompok lain dan meniru
Itulah contoh pemanfaatan QR Code dalam pembelajaran Geografi yang saya terapkan pada materi Keanekaragaman Hayati Fase F Kelas XI. Contoh file soal dalam bentuk Teks dan QR Code dapat anda download pada link berikut ini.
= β = β =
Terimakasih atas kunjungannya.
Mohon kritik dan sarannya
Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

