SOAL LATIHAN ASESMEN MADRASAH


Melibatkan Nama Peserta Didik Dalam Butir Soal Asesmen Madrasah

Blog Guru Geografi MAN 1 Gunungkidul

= – = – = – =

Memasuki pertengahan semester genap tahun pelajaran 2023-2024 atau tepatnya pada akhir bulan Februari hingga pertengahan Maret 2024 merupakan masa dimulainya rangkaian Asesmen Madrasah bagi peserta didik kelas XII. Asesmen ini dilaksanakan untuk melakukan penilaian sumatif sekaligus juga berfungsi sebagai ujian akhir bagi peserta didik. Asesmen ini dilakukan dalam dua bentuk yaitu tertulis dan praktik. Asesmen tertulis diberlakukan pada sebagian besar mapel sedangkan asesmen yang bersifat praktik diberlakukan pada mapel-mapel yang membutuhkan penilaian psikomotor misalnya mata pelajaran Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, mapel rumpun Pengetahuan Alam seperti Fisika, Kimia dan Biologi maupun mapel rumpun agama seperti Qur’an Hadits dan Fiqih.

Geografi yang diberikan kepada peserta didik termasuk mapel yang diasesmenkan secara tertulis. Asesmen yang diselenggarakan mulai tahun ini bagi saya merupakan model baru dalam penilaian, terutama berkaitan dengan model soalnya. Jika pada penilaian terdahulu yang biasa disebut UMAD atau Ujian Madrasah, bentuk soal hanya terpaku pada pilihan ganda, isian singkat dan uraian maka pada asesmen ini mulai dapat diterapkan lebih hingga 3 model soal meliputi soal Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Benar/Salah, Setuju/Tidak Setuju, Menjodohkan, Uraian tertutup (isian singkat) hingga Uraian terbuka (essai).

Bentuk soal yang begitu bervariasi seperti di atas membuat saya penasaran untuk membuatnya. Lalu mulailah saya membuat beberapa soal latihan kepada peserta didik untuk mempersiapkan mereka memahami bentuk-bentuk soal yang lebih bervariasi dan agar lebih siap dalam mengerjakan soal sesungguhnya pada Asesmen Madrasah nanti.

Soallatihan yang saya buat untuk persiapan Asesmen Madrasah ini terdiri dari 6 tipe soal yaitu soal Pilihan Ganda, Benar Salah, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian singkat dan Uraian. Seperti biasa, dalam membuat soal saya selalu menyelipkan nama-nama peserta didik saya di setiap butir soal. Tujuan saya waktu pertama kali membuat soal seperti itu adalah untuk menarik perhatian para peserta didik agar membaca soal dengan lebih cermat dan teliti.

Berdasarkan pengalaman terdahulu, banyak peserta didik yang mengatakan bahwa soal yang saya buat tersebut menjadi asyik dibaca dan mereka jadi penasaran nama mereka tercantum di soal nomor berapa. Penyematan nama peserta didik ini membuat soalnya menjadi seperti sebuah soal cerita, namun hal ini justru membuat mereka membaca lebih teliti pada setiap soal.

Beberapa contoh soal latihan Asesmen Madrasah yang saya buat dengan menyematkan nama peserta didik saya dapat dilihat pada galeri berikut ini :

Silahkan klik gambar dan geser untuk melihar gambar berikutnya. Itulah contoh soal latihan Asesmen Madrasah mapel Geografi yang saya buat.

Selamat membaca dan mencermati.
Semoga bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungannya.
Kami tunggu kritik dan sarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.