Menyanyi Geografi 5


Menghafal Lagu Persebaran Tambang Dengan Lagu Sobat Ambyar

oleh = Andi Hidayat

= – = – =

Menyampaikan materi pelajaran agar dapat dikuasai oleh siswa-siswi merupakan tantangan yang akan selalu dihadapi oleh guru. Setiap materi pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga cara yang digunakan oleh guru pun kadang juga akan berbeda dengan guru yang lain. Jangankan materi dengan karakteristik berbeda, materi samapun juga akan disampaikan berbeda-beda tergantung metode apa yang digunakan oleh guru dalam memfasilitasi siswa dan siswi agar memiliki penguasaan materi yang lebih baik.

Ada berbagai macam model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Model atau metode yang digunakan tentu harus memperhatikan karakteristik dari materi yang akan disampaikan serta memperhatikan tingkatan taksonomi yang menjadi kompetensi dasar yang diinginkan untuk dapat dikuasai oleh siswa-siswi.

Dalam materi Geografi untuk kelas XI Semester Ganjil sesuai kurikulum 13 terbaru terdapat materi tentang barang tambang di Indonesia. Jika melihat karakteristik materi di dalamnya akan ada sub materi Wilayah Persebaran Barang Tambang yang selalu berkaitan dengan konsep essensial geografi yaitu konsep Lokasi yang berkaitan dengan wilayah yang memiliki barang tambang tertentu. Selain berkaitan dengan konsep lokasi juga berkaitan dengan prisnip Distribusi yaitu di mana saja persebaran  barang tambang itu berada. Jika mengacu pada karakteristik lokasi dan persebaran maka sub materi tersebut maka hal tersebut termasuk pada ranah penguasaan materi C1 yaitu kemampuan pengetahuan dengan kata kerja operasional dapat bermacam-macam, yang paling pas adalah menyebutkan serta menunjukkan.

Berdasarkan karakteristik materi dan ranah kognitif yang ingin dicapai maka pada materi barang tambang ini saya menggunakan model pembelajaran dengan menyanyikan lagu-lagu populer yang liriknya sudah diganti sesuai dengan  materi pelajaran. Dasar pemilihan model menyanyi ini karena menyanyi merupakan cara yang cukup manjur untuk dapat menghafal sebuah lagu atau tema.

Baca juga : menyanyi geografi 1

Baca juga : menyanyi geografi 2

Baca juga : menyanyi geografi 3

Baca juga : menyanyi geografi 4

Agar siswa-siswa mudah menghafalkan lagu tentang sebaran barang tambang ini, materi wilayah persebaran barang tambang saya ringkas dalam baris-baris lirik yang jumlah suku kata saya sesuaikan dengan lagu yang akan digunakan untuk penilaian yaitu lagu anak populer yang berjudul Pelangi.

Setelah menghafal pada pertemuan pertama, kemudian saya lakukan penilaian pada pertemuan ke dua. Hasilnya cukup memuaskan, dari 27 siswa di kelas XI IPS 3 yang mampu menghafalkan dengan baik dan mendapat nilai seratus mencapa hampir 60% siswa dan selebihnya mendapatkan nilai di kisaran 70 – 90.

Dengan waktu 2 jam pelajaran (2 x 45 menit) pada pertemuan ke-2, kegiatan penilaian masih menyisakan waktu sekitar 15 menit. Siswa waktu yang ada kemudian saya gunakan untuk menantang siswa mencoba menyanyikan lagu seban barang tambang tersebut dengan menggunakan nada lagu lain. Jika kelas sebelumnya XI IPS 1 masih menggunakan nada lagu Pelangi, kemudian kelas XI IPS 2 menggunakan nada lagu Tombo Ati maka siswa-siswa di kelas XI IPS 3 menggunakan nada lagu Pamer Bojo karya maestro The Godfather of Brokenheart bang Didi Kempot.

Pemilihan lagu Didi Kempot oleh siswa-siswa ini karena kebetulan mereka menyukai lagu-lagu karya Didik Kempot tersebut sehingga mereka tertantang untuk menyanyikannya. Sebuah ujicoba dengan dadakan dan hasilnyapun terbilang sukses dan siswa-siswi terlihat sangat ceria dan senang dalam kegiatan pembelajaran.

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Menyanyi Geografi 5

Komentar ditutup.