Menyanyi Geografi 4


Menghafal Persebaran Tambang Dengan Backgroud Lagu Islami

Oleh : Andi Hidayat

= – = – =

Madrasah tempat saya bertugas masih menerapkan pembelajaran enam hari kerja karena beban materi pelajaran yang lebih banyak di banding dengan sekolah umum. Setiap hari sabtu saya mendapatkan jadwal mengajar Geografi di dua kelas XI IPS yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2, yang kebetulan pada kedua kelas tersebut saya mengajar di jam pelajaran krusial yaitu jam pelajaran ke 6-7 di kelas XI IPS 2 dan jam 8-9 di kelas XI IPS 1. Bapak-ibu guru yang pernah mengajar pada jam siang di hari terakhir pada setiap pekan pasti pernah merasakan bagaimana kondisi kelas yang ada jam-jam tersebut memberikan tantangan yang besar bagi guru. Kelelahan yang mulai menyerang siswa, kekenyangan setelah makan siang, konsentrasi yang mulai menurun hingga rasa kantuk yang datang menggoda siswa-siswi untuk menundukkan kepala dan bahkan menaruh kepala mereka di meja yang keras tapi serasa kasur yang empuk karena kantuk.

Tak terkecuali dengan kedua kelas di atas, apalagi kelas XI IPS 1 tantangan di kelas bertambah karena siswa-siswi biasanya akan menoleh ke jam dinding yang terpasang di tembok kelas bagian belakang. Karena berbagai hal tersebut maka saya menggunakan beberapa model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) mulai dari model seperti Jigsaw, Snowing Throwball, Cerdas Cermat. Make A March, Card Sort dan banyak model yang lain. Salah satu model pembelajaran yang lain yang saya gunakan juga di beberapa sub materi adalah model Sing A Song atau menyanyikan lagu. Sudah ada beberapa postingan blog ini yang membahas tentang model pembelajaran Geografi dengan menyanyi dan di postingan kali ini saya akan menampilkan bagaimana siswa-siswi di salah satu kelas yang saya ampu yaitu kelas XI IPS 1 membawakan lagu bersama-sama di kelas.

Baca juga : menyanyi geografi 1

Baca juga : menyanyi geografi 2

Baca juga : menyanyi geografi 3 

Baca juga : menyanyi geografi 5

Model pembelajaran Sing A Song yang saya terapkan di mata pelajaran Geografi ini pada dasarnya adalah bernyanyi digunakan sebagai media untuk menghafalkan materi pelajaran yang bersifat hafalan atau termasuk dalam ranah C1 (mengingat). Pada mata  pelajaran Geografi kelas XI semester ganjil terdapat bab tentang Sebaran Tambang di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan tambang yang luar biasa banyak, dan banyak daerah yang telah menambang kekayaan alam tersebut.

Untuk menghafalkan daerah-daerah pertambangan yang cukup banyak tersebut memberikan kesulitan yang cukup tinggi bagi siswa-siswi di madrasah saya. Agar materi daerah pertambangan ini mudah dihafalkan dan dikuasi oleh siswa maka kemudian saya menggunakan model pembelajaran Sing A Song. Lagu yang digunakan sebagai lagu dasar adalah lagu anak populer yaitu Pelangi, dengan menggunakan lagu populer ini siswa-siswa diharapkan cepat mudah menghafalkan materi yang disampaikan. Setelah melakukan kegiatan menyanyi berulang-ulang, dalam waktu 2 jam pelajaran siswa-siswa dapat menghafalkan materi yang diberikan. Agar kemampuan mengingatnya dapat mengendap lama maka pada pertemuan berikutnya diadakan penilaian secara individu untuk mengukur sejauh mana hafalan lagu persebaran tambang tersebut dikuasai siswa-siswi.

Dari hasil penilaian pada kelas XI IPS 2 tahun 2019-2020 yang telah dilakukan diketahui sebesar 66,6% siswa-siswa berhasil menghafalkan seluruh materi lagu yang dinyanyikan dan 33,3% lainnya masih salah pada beberapa baris lagu tetapi telah mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan.

Setelah selesai melakukan penilaian dan melakukan kegiatan refleksi terhadap model pembelajaran Sing A Song, hampir semua siswa menyatakan senang dengan model tersebut dan meminta saya untuk membuat lirik materi pelajaran untuk dinyanyikan lagi menggunakan lagu yang lain. Dengan hanya sedikit mengubah lirik agar sesuai dengan suku kata dalam lagu kemudian saya menyanyikan lagu sebaran tambang ini dengan menggunakan background lagu Islami yaitu lagu sholawatan versi jawa.

Tanpa diduga siswa-siswa di kelas XI IPS 1 tersebut tertarik untuk menyanyikan lagi lagu persebaran tambang tersebut dengan background lagu yang telah saya contohkan. Dengan sekali percobaan ternyata mereka mampu menyanyikan dengan background lagu lain dan meskipun beberapa sempat tergagap karena jumlah suku kata yang tidak sama dengan lagu aslinya, namun hal itu tak mengurangi rasa penasaran mereka dan semangat mereka untuk menyanyikan lagu persebaran tambang di Indonesia.

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Menyanyi Geografi 4

Komentar ditutup.