Test Lisan Sambil Bermain Ular Tangga
Oleh : Andi Hidayat
— — —
Penilaian merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai suatu materi pelajaran.
Dalam panduan penilaian Kurikulum 2013 Revisi disebutkan bahwa penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian pada aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap siswa.
Penilaian pengetahuan dapat dilakukan melalui test tertulis, test lisan dan penugasan. Dari pengalaman yang saya peroleh saat melakukan penilaian pengetahuan ini, penilaian melalui test lisan adalah test yang menurut siswa paling menegangkan dibandingkan dengan test tertulis apalagi penugasan. Menjawab pertanyaan lisan secara langsung dihadapan guru membuat banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyampaikan jawaban. Kadang kala kesulitan ini lebih karena kemampuan siswa mengungkapkan jawaban lewat tulisan lebih dominan dibanding kemampuan mereka meramu kata lewat berbicara, sehingga banyak diantara mereka menjadi “kagok” saat harus berbicara.
Test lisan yang kadang menjadi “momok” bagi beberapa siswa ini cukup membuat saya menjadi harus memutar otak, berpikir bagaimana caranya agar siswa-siswa saya tidak terbebani saat ada test lisan.
Ide kemudian muncul saat melihat anak saya bermain dengan saudara dan anak-anak tetangga. Saat itu mereka saya lihat memainkan sebuah permainan yang tak asing bagi saya. Sebuah permainan yang juga sering saya mainkan dengan teman-teman di waktu masih kecil dulu. Permainan itu adalah Ular Tangga.
Setelah melihat anak-anak di rumah bermain ular tangga ini kemudian muncul ide bagaimana jika materi pelajaran yang sudah saya sampaikan ke siswa kemudian dibuat dalam tema-tema pada kotak ular tangga dan kemudian dijadikan sebagai bahan pertanyaan untuk kegiatan test lisan.
Lalu saya mencari model-model ular tangga di internet. Ternyata saya bukan yang pertama punya ide seperti ini. Luar biasa! sangat banyak saya temukan kegiatan-kegiatan pembelajaran dengan model ular tangga ini. Dari hasil browsing ini akhirnya saya mantap untuk membuat ular tangga Geografi.
Setelah membuat pokok-pokok materi dan memperoleh gambar dari hasil browsing, dengan aplikasi Coreldraw saya mulai membuat media permainan ular tangga ini. Dan hasilnya adalah :
— — —- —- —- —– —-
— —- — —- —- —– —- —- —–
Ular Tangga buatan saya ini berisi materi tentang persebaran flora dan fauna. Setelah selesai membuat di Coreldraw kemudian saya cetakkan di percetakan yang biasa menge-print Banner dengan ukuran 3 X 3 meter.
Hari berikutnya, test lisanpun saya lakukan sambil siswa-siswa saya ajak bermain menggunakan media Ular Tangga tersebut. Banyak siswa yang merasa senang dalam test lisan sambil bermain permainan ular tangga ini. Rasa tegang mereka saat menjawab pertanyaan secara lisan bisa berkurang atau bahkan hilang sehingga kemampuan mereka dalam menguntai kalimat jawaban menjadi lebih rapi dan rinci.
Berikut ini adalah foto-foto kegiatan yang dilakukan siswa saat melakukan permainan ini.

Memberikan penjelasan kepada siswa mengenai prosedur permainan dan kegiatan test lisannya.
Siswa melangkah ke kotak sesuai jatuhnya dadu
Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan tema dia berdiri
Siswa lain dalam satu kelompok menggantikan temannya yang telah menjawab pertanyaan
Sebelum test dimulai tentu saja kita membuat instrumen soalnya terlebih dahulu yang meliputi kisi-kisi, panduan (daftar pertanyaan), kunci jawaban dan pedoman penskoran/penilaian. Dalam membuat daftar pertanyaan perlu diperhatikan bebereapa hal berikut ini :
- Jumlah kotak dalam Ular Tangga ini berjumlah 36 kotak.
- Terdapat 2 kotak, nomor 1 untuk Start dan nomor 36 untuk finish. Pada 2 kotak ini tidak dibuatkan daftar pertanyaan karena baru permulaan permainan (Start) dan selesainya permainan (Finish)
- Terdapat 2 kotak yang saling berhubungan dengan gambar Ular, ada 3 gambar ular yang berarti terdapat 6 kotak berhubungan dengan ular. Jika siswa ada yang turun karena menginjak kotak ular maka siswa tersebut diminta untuk memberikan penjelasan 2 kotak yang terkait berdasarkan gambar yang terkait antara ekor – kepala ular.
- Terdapat 2 kotak yang saling berhubungan dengan gambar Tangga, ada 3 gambar Tangga yang berarti terdapat 6 kotak berhubungan dengan Tangga. Jika siswa ada yang naik karena menginjak kotak dasar tangga maka siswa tersebut diminta untuk memberikan penjelasan 2 kotak yang terkait berdasarkan gambar yang terkait antara dasar – puncak tangga.
- Kotak dengan tema tersendiri berjumlah 22 kotak. Pada setiap kotak tersebut siapkan 3 – 5 pertanyaan. Jika ada siswa yang menginjak kotak yang sama maka akan mendapat pertanyaan yang lain.
Adapun urutan pelaksanaan Test Lisan menggunakan media permainan Ular Tangga yang saya terapkan ini adalah sebagai berikut :
- Bentuk kelompok dengan anggota 4 – 5 orang. Misal kelompok 1 dengan anggota Siswa A1 B1 C1 D1 dan E1 sampai kelompok 5 dengan anggota siswa A5 B5 C5 D5 dan E5.
- Memulai permaian dari kelompok 1 di posisi dekat kotak nomor 1, siswa A1 melempar dadu kemudian melangkah sesuai jumlah angka yang muncul di dadu. Jika yang muncul nomor 1 maka diulang lagi karena kotak nomor satu tidak ada pertanyaannya.
- Setelah siswa A1 sudah berhenti di kotak sesuai hitungan angka yang muncul di dadu, guru kemudian mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa A1.
- Guru menilai benar/salah jawaban siswa sesuai pedoman penilaiannya.
- Siswa B1 masuk menggantikan siswa A1 berdiri di kotak (jika dadu yang keluar bukan angka 6 maka cukup menggantikan berdiri, tetapi jika yang muncul angka 6 maka siswa tersebut langsung melempar dadu, berpindah dan menjawab pertanyaan).
- Jika hitungan dadu jatuh di kotak ekor ular atau dasar tangga maka siswa yang bersangkutan memberikan penjelasan yang berkaitan dengan gambar yang dihubungkan oleh ular atau tangga itu.
- Setelah siswa B1 menggantikan posisi berdiri siswa A1, maka giliran berikutnya adalah siswa A2 memulai permainan kelompok 2 dengan melempar dadu, melangkah ke kotak sesuai hitungan dadu kemudian menjawab pertanyaan.
- Jika siswa A2 selesai menjawab pertanyaan maka siswa B2 masuk menggantikan siswa A2 di kotak terakhir berdiri.
- Siswa A3 dari kelompok 3 memulai bermain dengan melempar dadu, melangkah, menjawab pertanyaan, digantikan siswa B3.
- Siswa A4 memulai permainan …. bla… bla…bla… dan seterusnya bergantian antar kelompok dan bergantian antar anggota sampai semua siswa kebagian permainan dan pertanyaan.
- Dari pengalaman yang saya peroleh, setiap siswa mendapatkan 2 – 3 pertanyaan, dengan catatan pertanyaan masih dalam ranah C1 – C2 – C3.
Tertarik untuk menggunakan media Ular Tangga Persebaran Flora dan Fauna ini?
Silahkan klik pada link berikut ini :
DOWNLOAD MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA
Terimakasih atas kunjungannya.
Selamat belajar. Semoga bermanfaat.
Menarik juga metodenya.. Pengen share juga nant kalau ngajar. http://www.ipung.net
Monggo. Silahkan.
Asyik kok, siswa-siswa seneng.
PD saat menjawab pertanyaan lisan.
metode dan medianya keren banget pak. saya juga izin menggunakannya di kelas ya pak. ^_^ Semoga bapak sehat selalu dan sukses ya pak.aamiin ya rabbal ‘alamiian
sangat menginspirasi pak….
Amiin.
Monggo silahkan bu Rahmi.
Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Amiin.
Medianya keren Pak. Saya izin menggunakannya untuk utk pembelajaran di kelas pak. Sepertinya siswa akan sangat antusias klo dikemas dgn permainan yg menarik seperti ini pak 🙂
Terimakasih pak Jeki. Silahkan digunakan.
Prinsip saya berbagi dan semoga memberi manfaat bagi anda dan siswa-siswa anda.
Bermain dan belajar
asyik nih.. permainannyaaa…
Kenapa di jaman saya dulu ga ada to yo pak 😭
he he … jamanmu belum kepikiran membuat ..