Karya Siswa – Teory Konsentris


Membuat maket pola keruangan kota menurut Teori Konsentris (Ernest W Burgess)

===

Mata Pelajaran Geografi kelas XII SMA/MA kurikulum 2013 Revisi, materi tentang Interaksi Keruangan Desa dan Kota yang pada K-13 sebelum revisi ada di semester genap sekarang beralih di semester ganjil. Pada subbab Pola Keruangan Kota terdapat bahasan tentang teori keruangan kota. Pada bahasan teori keruangan kota materi yang terdapat di hampir semua buku pelajaran umumnya adalah 3 (tiga) teori yaitu teori Konsentris, teori Sektoral dan teori Inti Ganda. Menyampaikan materi yang berkaitan dengan tata ruang/pola keruangan ke siswa sudah barang tentu guru akan menyajikan gambar atau sketsa untuk mempermudah penyampaian dan pemahaman siswa. Hal tersebut juga berlaku pada saya. Setiap menyampaikan materi teori keruangan kota pasti akan selalu menampilkan gambar tentang teori tersebut. Pada suatu waktu saya sempat jenuh dengan gambar teori keruangan kota yang itu-itu saja. Hampir di semua buku pelajaran kelas XII sejak era KTSP hingga sekarang gambarnya mirip-mirip hanya sedikit pengubahan di warna atau ketebalan garis pembatas zona keruangannya.

Sampai akhirnya saya browsing-browsing di internet dan menemukan gambar teori-teori keruangan kota yang diterbitkan oleh Pearson Prentice Hall, ada penampilan yang berbeda dibanding dengan gambar teori di buku-buku pelajaran yang saya miliki. Di gambar tersebut setiap zona yang ada dipenuhi dengan bangunan/rumah yang bentuk dan ukurannya bervariasi menyesuaikan dengan kriterian zona itu sendiri. Sepintas seperti sebuah maket, dan saat berpikir tentang gambar yang berbentuk seperti maket itu ada pikiran terlintas bagaimana jika siswa saya beri tugas untuk membuat maket tentang pola keruangan kota dengan mencontoh gambar itu. Sambil dalam hati berkata, “Ini bisa digunakan untuk menilai aspek ketrampilan/psikomotor siswa dan mereka bisa belajar melalui ranah/tingkatan application/terapan”.

Pada saat masuk kelas di pertemuan berikutnya kemudian saya mulai membagi kelompok dan menyampaikan tugas membuat maket pola keruangan kota kepada siswa-siswi. Mereka saya minta untuk mencari gambar tentang teori tersebut di internet sambil mempelajari zona-zona yang ada di setiap pola keruangannya.

Untuk bahan yang digunakan siswa-siswi saya minta memanfaatkan barang-barang bekas yang ada tidak digunakan lagi. Barang-barang bekas tersebut biasa ada di kehidupan sehari-hari seperti kardus bekas, kotak bekas pasta gigi, obat, botol bekas, bungkus rokok dll.

Dengan kreasinya sendiri-sendiri, setiap kelompok yang kedapatan tugas untuk maket berdasarkan teori konsentris mulai membuat sesuai dengan idenya masing-masing. Hasil karya mereka yang membuat maket teori konsentris ini adalah :

Kelompok 1

Kelompok 2

Kelompok 3

Setiap kelompok juga saya minta untuk merekam kegiatan mereka pada saat membuat maket, hasil video rekaman saya gunakan untuk menilai aktifitas siswa baik secara individual maupun kelompok.


Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Karya Siswa – Teory Konsentris

Komentar ditutup.