Kuis Berkelompok Mengerjakan Soal Menjodohkan Dengan Lem dan Gunting
oleh = Andi Hidayat
= – = – =
Pada dua postingan terdahulu saya memposting contoh-contoh file soal menjodohkan dengan jawaban tunggal (single answer) pada Variasi Soal Menjodohkan 01 dan soal menjodohkan dengan jawaban jamak (multiple answer) pada Variasi Soal Menjodohkan 02. Pada postingan kali ini saya akan melampirkan file soal menjodohkan dengan format yang berbeda dari postingan pertama dan kedua. Seperti apa perbedaan formatnya? Bisa anda lihat pada gambar berikut.
Berbeda dengan model soal menjodohkan yang memiliki kolom yang berisi pertanyaan/soal dan kolom yang berisi jawaban, maka soal menjodohkan pada gambar di atas jawaban saya taruh di bawah tabel soal/pertanyaan.
Lantas bagaimana siswa dalam mengerjakan soal tersebut? Bagaimana siswa menghubungkan soal/pertanyaan ke jawaban dengan membuat garis? Bagaimana pula siswa dapat menuliskan huruf option jawaban padahal pada daftar jawaban tidak ada option hurufnya.
Pada model soal menjodohkan kali ini siswa tidak menghubungkan soal/pertanyaan dan jawaban dengan garis atau memasukkan huruf option jawaban, tetapi menggunting jawaban yang ada di bagian bawah tabel dan menempelkannya menggunakan lem pada kolom kosong yang tersedia.
Sepertinya terlihat merepotkan dan memakan waktu yang lama. Membaca soal, mencari jawabannya, menggunting jawaban, mengelem lalu menempelkan pada kolom kosong yang tersedia. Untuk efisiensi waktu maka pada pelaksanaannya menggunakan model pembelajaran dengan Kuis Berkelompok
Alat dan bahan yang digunakan dalam kuis ini adalah :
- Kertas soal menjodohkan
- Lem
- Gunting
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan kuis ini sebagai berikut :
- Peserta didik memperhatikan tata cara pelaksanaan kuis yang disampaikan oleh guru
- Peserta didik membentuk kelompok secara heterogen dengan anggota 3 – 4 orang
- Peserta didik membaca materi yang akan digunakan untuk kuis
- Setiap siswa dalam kelompok mendapat tugas untuk menguasai bahasan-bahasan tertentu
- Guru membagikan lem dan gunting pada setiap kelompok.
- Saat kuis akan dimulai guru meminta siswa untuk menutup buku pelajaran dan meja kelompok bersih dari apapun.
- Guru membagikan soal pertama kepada setiap kelompok (kelompok mengambil di meja guru sesuai aba-aba)
- Setiap kelompok mulai mengerjakan soal yang diberikan.
- Kelompok yang mengumpulkan paling duluan mendapatkan skor tertinggi untuk kecepatan pengerjaan/pengumpulan (Misal ada 5 kelompok maka kelompok yang paling pertama mendapat skor 5 sedangkan yang paling terakhir mendapat skor 1, atau sesuai kesepakatan)
- Guru bersama-sama siswa mengkoreksi hasil pekerjaan dan memasukkan skor perolehan berdasarkan jumlah benar-salah jawaban.
- Soal kedua diberikan ke setiap kelompok, kerjakan, kumpulkan, bahas, skoring dan seterusnya.
- Penilaian hasil kuis berdasarkan akumulasi skor dari semua hasil perkerjaan.
Beberapa soal menjodohkan yang pernah saya gunakan untuk kuis berkelompok ini dapat anda download pada link berikut :
-
FORMAT PENILAIAN KUIS MENJODOHKAN (blangko panduan penskoran)
-
KUIS MENJODOHKAN – KLASIFIKASI BARANG TAMBANG
-
KUIS MENJODOHKAN – KLASIFIKASI DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
-
KUIS MENJODOHKAN – PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DUNIA
-
KUIS MENJODOHKAN – POTENSI GEOGRAFI WILAYAH INDONESIA
-
KUIS MENJODOHKAN – SUKU BANGSA DI INDONESIA DAN BUDAYANYA
Sekilas pelaksanaan kuis menjodohkan dengan lem dan gunting bisa anda lihat di link video berikut ini :
Kelebihan yang dapat saya amati secara empiris dari pelaksanan kuis dengan model ini adalah :
- Membangun kerjasama antar siswa dalam satu kelompok
- Menumbuhkan sikap percaya pada teman di kelompoknya.
- Konsentrasi/fokus siswa terhadap kegiatan pembelajaran tinggi
- Efisiensi waktu cukup bagus.
- Minat siswa tinggi
Sedangkan kekurangan dari pengamatan yang saya dapatkan adalah :
- Ada siswa dalam satu kelompok yang kurang mensuport temannya.
- Berpotensi gaduh dan bisa mengganggu kbm kelas sebelah
= – = – =
Terimakasih atas kunjungannya.
Mohon kritik dan sarannya
Selamat belajar. Semoga bermanfaat.