Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Untuk Membuat Kuis Sederhana Pendukung Kegiatan Pembelajaran
Oleh : Andi Hidayat
= – = – =
Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas, seorang guru akan penilaian sebagai bentuk evaluasi awal untuk mengukur seberapa besar daya serap peserta didik terhadap penguasaan materi yang telah disampaikan. Bentuk penilaian yang dilakukan dapat berupa test lisan atau tertulis, test performance atau bentuk test yang lain seperti kuis. Salah satu kuis yang dapat digunakan sebagai bentuk penilaian misalnya kuis interaktif menggunakan aplikasi online yaitu Kahoot!
Kahoot! adalah sebuah platform quiz/game/permainan online berbasis website yang dapat diakses dengan menggunakan aneka gadget baik PC maupun perangkat mobile seperti smartphone. Aplikasi Kahoot! ini merupakan aplikasi kuis interaktif yang akan menghadirkan suasana yang seru dan menyenangkan bagi siswa dalam mengerjakan soal-soal kuis yang bersifat singkat.
Kahoot! merupakan aplikasi kuis online yang dapat kita akses lewat di alamat ini.
Aplikasi Kahoot! ini bersifat free (gratis) untuk fitur-fitur standar tetapi juga menyediakan paket berbayar untuk fitur-fitur yang lebih lengkap. Jika ingin menggunakan fitur-fitur standar dari Kahoot! maka kita dapat memilih pilihan Free, tetapi jika ingin menggunakan fasilitas yang lebih lengkap maka kita dapat memilih yang pilihan berbayar.
Karena bersifat online maka untuk dapat memanfaatkan aplikasi Kahoot ini diperlukan koneksi internet yang stabil. Untuk melaksanakan kuis maka guru mendaftar lebih dulu ke web Kahoot! sebagai guru (as teacher) menggunakan alamat email. Disarankan menggunakan akun Gmail agar proses login menjadi lebih mudah dan cepat. Setelah mendaftar, guru kemudian membuat soal untuk kuis. Untuk membuat soal kuis pada aplikasi Kahoot! yang bersifat Free ini harus dengan membuat membuat pertanyaan sesederhana mungkin.
Jika soal sudah selesai dibuat maka dapat mulai diujikan kepada siswa-siswi kita. Untuk melaksanakan kuis Kahoot! ini kita membutuhkan layar proyektor yang besar untuk menampilkan soal. Soal tidak tampil di layar gadget siswa-siswi, sehingga mereka harus konsentrasi membaca soal yang ada di layar dan menjawabnya dengan menekan option jawaban di layar gadget mereka. Kuis yang kita aktifkan dapat diikuti oleh siswa-siswi dengan memasukkan PIN terlebih dahulu. Agar siswa dapat memasukkan PIN ke perangkatnya maka PIN dari kuis yang kita aktifkan tersebut kita publikasikan lewat layar projector. Jika semua siswa sudah login menggunakan PIN maka kita dapat memulai quiz Kahoot! ini.
Berikut ini beberapa gambar pelaksanaan kuis Kahoot! yang sempat saya ambil di kelas :
Siswa-siswi memasukkan gamecode/PIN di perangkat smartphone mereka
Siswa-siswi membaca soal Kuis Kahoot! yang tertulis di layar projector
Siswa-siswi memilih jawaban di smatphone mereka
Report jumlah siswa yang menjawab sesuai option jawaban muncul setelah semua siswa menjawab atau setelah waktu habis.
– – – – – –
Setelah semua pertanyaan selesai di jawab maka report hasil pengerjaan kuis dapat kita download dan dapat kita simpan sebagai daftar nilai.
Beberapa kelebihan secara empiris yang saya peroleh dari pengamatan pada saat pelaksanaan kuis dengan aplikasi Kahoot! ini misalnya :
- Suasana kelas menjadi lebih menyenangkan
- Siswa-siswi dilatih untuk memanfaatkan gadget mereka sebagai media untuk pembelajaran
- Melatih kemampuan motorik siswa-siswi dalam mengoperasikan Kahoot!
Sedangkan kekurangan yang juga dapat saya amati selama pelaksanaan kuis Kahoot! ini adalah :
- Fasilitas sekolah yang kurang memadai
- Koneksi internet yang kurang stabil
- Ada beberapa siswa yang smartphone-nya kurang mendukung
Terlepas dari kelebihan maupun kekurangannya, aplikasi kuis Kahoot! ini memberikan suasana dan pengalaman belajar yang baru pada siswa-siswi. Kehebohan yang terjadi saat mengerjakan seperti sorak kegirangan dan lagak berlebih saat jawaban mereka benar, kecewa saat menjawab salah atau gemes karena salah pencet option jawaban menjadi pemandangan yang menyenangkan bagi guru.
= – = – =
Terimakasih atas kunjungannya.
Mohon kritik dan sarannya
Selamat belajar. Semoga bermanfaat.
Praktis pembelajaran yang efektif
Seru dan menyenangkan, kadang juga menjengkelkan siswa
mohon maaf izin bertanya. apa bedanya dengan yang berbayar ya? terimakaish
perbedaannya di type pertanyaan
(true/false, multiple choice, multiple check, matching dll)
report yang lebih rapi dan langsung cetak tanpa diatur terlebih dulu