Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Untuk Melaksanakan Penilaian Harian Online
Oleh : Andi Hidayat
= – = – =
Penilaian merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah, baik itu penilaian lisan ataupun tertulis, baik itu penilaian harian, formatif, tengah semester ataupun sumatif di akhir semester. Penilaian digunakan untuk mengukur seberapa besar persentase penguasaan siswa peserta didik terhadap suatu materi pelajaran.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka bentuk penilaian yang dilakukan pada saat ini tidak hanya berpatokan pada penilaian lisan yang dijawab oleh siswa dengan lisan atau penilaian tertulis yang dijawab oleh siswa dengan tulisan, ada juga bentuk soal berupa soal tertulis di layar komputer/gadget tetapi siswa tidak menjawab dengan menulis jawaban di kertas atau di layar. Cukup dengan menggerakkan mouse komputer dan klik maka siswa sudah menjawab soal.
Sejak era CMS (Content Management System) dalam bentuk aplikasi database offline saya mencoba menerapkannya untuk melakukan penilaian harian. Aplikasi yang pernah saya gunakan tersebut adalah Moodle dan Claroline. Aplikasi Moodle dan Claroline ini merupakan aplikasi CMS yang lebih difokuskan untuk pembelajaran sehingga sering disebut juga dengan LMS (Learning Management System). Cukup lama saya menerapkan aplikasi ini untuk melaksanakan penilaian harian secara offline. Karena hanya dalam bentuk offline maka aplikasi ini hanya bisa digunakan di ruangan lab komputer. Aplikasi ini dapat dibuat juga secara online, hanya saja membutuhkan setting yang cukup ribet dari sisi software dan saya tidak punya kemampuan untuk itu.
Berdasarkan pertimbangan tersebut kemudian saya mulai browsing di Internet dan mencari aplikasi-aplikasi penilaian yang bersifat online. Dengan menuliskan kata kunci online exam application atau online quizz application cukup banyak aplikasi yang saya temukan. Beberapa aplikasi yang saya peroleh dari hasil browsing ini misalnya Kahoot! (yang telah saya bahas pada posting sebelumnya), Poll Everywhere, Aurasma, Quizlet, Qualisize, Nearpod, BookWidget, Explain Everything, Socrative, QR Code Reader and Scanner, dan Quizizz.
Setelah mencoba beberapa aplikasi dari hasil browsing tersebut saya memilih aplikasi Quizizz untuk saya gunakan sebagai aplikasi penilaian harian secara online. Sebelumnya saya juga menggunakan Kahoot!, tetapi lebih cocok untuk kuis yang berbentuk seperti cerdas cermat dan bersifat permainan. Aplikasi Quizizz ini dapat kita akses di websitenya yaitu di http://quizizz.com untuk membuat akun dan soalnya. Sedangkan untuk siswa pada saat akan mengerjakan dengan mengakses di alamat http://quizizz.com/join dan tinggal memasukkan Gamecode.
Quizizz sebuah aplikasi game yang dibuat untuk bermain quiz bersama teman atau sendiri. Quizizz ini merupakan sebuah aplikasi untuk membuat permainan yang interaktif tetapi masih bisa disangkut pautkan dalam materi pelajaran di kelas. quiz ini terdiri dari satu soal dan 5 pilihan jawaban termasuk jawaban benar diantara pilihan tersebut. pada soal maupun pilihan bisa diberikan gambar. Bila soal quiz sudah jadi dibuat, soal tersebut dapat dibagikan kepada siswa dengan menggunakan 5 atau 6 digit kode yang dihasilkan saat mau membagikan kepada siswa.
Data dan statistik hasil pekerjaan siswa dapat didownload dan digunakan oleh guru sebagai data hasil penilaian. Guru juga bisa mengetahui siswa yang mendapatkan skor paling tinggi. Quiz tidak hanya bisa dikerjakan di kelas saja atau saat mata pelajaran sedang berlangsung. Quiz ini bisa menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi siswa dan memiliki batas pengerjaannya. Batas pengerjaannya maksimal 2 minggu. Quiz ini dapat dimainkan oleh siswa kapan saja dan dimana saja asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.
Berikut ini adalah beberapa foto kegiatan siswa-siswi di kelas pada saat mengerjakan latihan soal dengan menggunakan Quizizz.
Siswa login menggunakan Gamecode yang terpampang di layar projector, setelah semua siswa login guru dapat memulai penilaian/kuis.
Siswa secara klasikal mengerjakan soal bersama-sama
Siswa membaca soal Quizizz dan mengerjakan di smartphone masing-masing.
Meskipun siswa berdekatan tetapi kemungkinan untuk bekerjasama sangat kecil karena nomor soal di acak dan setiap nomor soal dibatasi oleh waktu yang berjalan mundur
Progress siswa mengerjakan terpampang di layar projector.
Kelebihan dari quizizz ini adalah siswa satu dengan yang lainnya tidak dapat mencontek karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Kita bisa membuat quiz sendiri. Jadi setiap orang bisa membuat soal sendiri sesuai dengan keinginannya. Diakhir pekerjaannya siswa dapat mengetahui rangking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.
Bagaimana suasana saat pelaksanaan penilaian harian dengan Quizizz dapat dilihat pada video berikut ini :
Kekurangan dari quizizz adalah siswa bisa mengalami turun tingkat walaupun soalnya sudah dikerjakan semua. Hal ini dikarenakan lama cepatnya pekerjaan berpengaruh terhadap hasil nilai yang didapatnya. Jika bisa mengerjakan cepat maka hasil yang diperoleh juga besar bahkan 900-an ke atas. Quizizz ini sangat dipengaruhi oleh internet yang kuat sehingga bisa terjadi disconnect (internetnya terputus atau tidak menyambung). Hal ini bisa menghambat pekerjaan siswa dalaam mengisi soal quiz.
Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, aplikasi Quizizz dapat digunakan sebagai aplikasi alternatif bagi guru untuk melaksanakan penilaian harian. Aplikasi ini cukup mudah dioperasikan guru saat bertindak sebagai admin/penguji/pembuat soal juga cukup mudah bagi siswa-siswi pada saat mengerjakan soal.
Bagaimana cara membuat soal online menggunakan aplikasi Quizizz ini dapat anda download file tutorial Quizizz yang saya lampirkan di bawah ini :
- Tutorial Quizziz 2018 (Disampaikan pada pertemuan rutin MGMP Geografi MA Daerah Istimewa Yogyakarta pada 12 November 2018 di MAN 3 Bantul DIY). DOWNLOAD.
- Tutorial Quizziz 2019 (Disampaikan saat mengisi pelatihan Quizizz pada pertemuan kegiatan MGMP Geografi SMA/MA Kabupaten Bantul pada Rabu, 16 Oktober 2019 di SMAN Sewon Bantul DIY). DOWNLOAD
File pertama dalam bentuk format pdf sedangkan file yang kedua dalam format powerpoint.
Jika anda ingin mencoba bagaimana mengerjakan soal pada aplikasi quizizz, silahkan klik link join quizizz ini dan masukkan 6 digit gamecode di bawah ini :
793825
Codegame ini berlaku sampai tanggal 16 Desember 2019.
Selamat mengerjakan.
= – = – =
Terimakasih atas kunjungannya.
Mohon kritik dan sarannya
Selamat belajar. Semoga bermanfaat.
Daring duluan sebelum wajib daring.
Ha ha … iya betul.
Sudah lama daringnya… hampir 2 tahun sebelum diwajibkan daring karena pandemi