Guru Geografi Berbagi 05


Peran Serta Pembelajaran Geografi Di Sekolah Dalam Menduniakan Pantai Sorake Nias Selatan

Invokavitman Halawa, S.Pd.

Guru Geografi SMA Swasta Katolik Bintang Laut Teluk Dalam Nias Selatan

= – = – =

Geografi merupakan ilmu yang memilki cakupan yang luas, baik membahas tentang kondisi fisik permukaan bumi yang meliputi lapisan batuannya, lapisan perairannya, lapisan udaranya, persebaran flora-faunanya maupun aktifitas manusia di berbagai bidang kehidupan. Fenomena geosfer yang terjadi di permukaan bumi dapat dipengaruhi oleh aktivitas alam, aktivitas manusia maupun kombinasi dari keduanya. Interaksi antara manusia dengan alam dapat menghasilkan keuntungan maupun kerugian bagi manusia dan alam itu sendiri.

Sebagai contoh interaksi alam dengan manusia adalah bentuk interaksi antara alam pantai dengan aktivitas manusia yang tinggal di sekitarnya. Sebuah pantai yang terdapat di kawasan laut dengan memiliki potensi perikanan tinggi akan membuat manusia yang tinggal di wilayah tersebut cenderung memiliki mata pencaharian di bidang perikanan atau sebagai nelayan. Sedangkan potensi pantai yang menyuguhkan keindahan pemandangan laut akan membuat manusia yang tinggal di sekitarnya akan cenderung memiliki aktivitas yang berkaitan dengan kepariwisataan.

Nias merupakan pulau yang terdapat di sebelah barat pulau Sumatra dan termasuk wilayah Provinsi  Sumatra Utara. Sebagai salah satu pulau terluar di bagian barat Indonesia, pulau Nias yang menghadap langsung ke Samudera Hindia memiliki pantai dengan ombak-ombak besar dan cenderung berbahaya. Tetapi dari pantai dengan ombak besar tersebut terdapat satu pantai dengan ombak tinggi yang menantang bagi para wisatawan minat khusus untuk berbondong-bondong mendatanginya yaitu Pantai Sorake yang terdapat di wilayah Nias Selatan.

Berangkat dari potensi alam pantai Sorake yang tinggi tersebut, bapak Invokavitman Halawa, seorang guru Geografi di SMA Swasta Katolik Bintang Laut Teluk Dalam Nias Selatan mencoba mengaitkan kondisi alam di pantai Sorake dalam kegiatan pembelajaran Geografi di sekolahnya. Potensi pantai yang begitu tinggi untuk kegiatan wisata beliau gunakan sebagai salah tema dalam materi Potensi Maritim Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Potensi kemaritiman Pantai Sorake ini dimanfaatkan sebagai materi yang diharapkan dapat menumbuhkan minat peserta didiknya dalam mengkaji potensi wisata Pantai Sorake sebagai tempat wisata yang dapat memunculkan ekonomi kreatif.

Beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan oleh alumnus Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan dalam pembelajaran materi tentang kemaritiman ini adalah :

  1. Memberikan penugasan kepada peserta didik untuk membuat video tentang potensi maritim/bahari di wilayahnya masing-masing. Dari kegiatan pembuatan video tersebut diharapkan peserta didik dapat menggali lebih dalam potensi kemaritiman yang dimiliki wilayah Nias Selatan. Lebih lanjut video potensi bahari yang telah dibuat oleh peserta didik tersebut kemudian disebarluaskan agar dapat membuat pantai-pantai di wilayah Nias Selatan semakin dikenal oleh banyak orang.
  2. Ada cukup banyak peserta didik di sekolahnya setelah lulus SMA tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Dengan pemahaman tentang potensi bahari/maritim di Nias Selatan yang begitu besar diharapkan setelah lulus nanti mereka dapat menjadi pelaku wisata atau orang yang beraktivitas di bidang pariwisata. Hal ini juga untuk merubah mindset bahwa setelah lulus adalah mencari pekerjaan ke tempat lain/pulau Sumatra, dapat berpandangan lain dengan memanfaatkan potensi wisata bahari sebagai pekerjaaannya.
  3. Menggali dan mengasah bakat atau ketrampilan siswa di bidang kriya atau hal lain yang dapat dijual sebagai produk wisata. Hal ini juga bermaksud untuk menumbuhkan ekonomi kreatif para peserta didik.
  4. Mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan kewirausahaan pada event-event promosi potensi maritim wilayah Kabupaten Nias Selatan.

Pembelajaran dengan melihat potensi wilayah dengan mendasarkan pada kearifan lokal seperti yang dilakukan oleh bapak Halawa ini merupakan pembelajaran yang tidak hanya sekedar pada penguasaan materi, tetapi juga memaksimalkan potensi lain peserta didik dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan mereka.
Suatu kegiatan pembelajaran yang luar biasa memberi manfaat bagi peserta didik dan pengalaman yang berharga untuk rekan guru-guru geografi yang lain.

Tetap semangat kawan. Teruslah berkreasi memajukan anak negeri.

Geografi Bisa!

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Guru Geografi Berbagi 05

  1. Epytety

    Point 1 bagus membuat video ttg potensi maritim/ bahari di tempat/ daerah siswa. Lalu kira kira mana contoh hasil karya siswanya videonya. Kira kira siswa Dengan menggunakan video biasa meliput/edit dgn kinmaster atau viva vudeo atau terserah siswa yg ada, yg tidak ada gimana siswanya. Atau dibuat kelompokkah? Penasaran. Tinggal hasil siswaya. Terima kasih idenya.

Komentar ditutup.