Perairan Laut 06


Arus Laut : penyebab, jenis, persebaran dan manfaatnya

Hidrosfer

= – = – =

Gerakan air laut ada tiga macam yaitu gelombang, arus laut dan pasang surut. Pada postingan ini akan dibahas tentang arus laut. Arus laut adalah gerakan massa air laut dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Gerakan massa air laut ini dapat secara mendatar berupa arus permukaan dan arus dasar, ataupun secara vertikal, dari lapisan bawah ke atas atau sebaliknya.

Penyebab Arus Laut

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya arus laut, antara lain :

  1. Angin
    Angin yang bergerak horisontal di atas permukaan laut menyebabkan terbentuknya arus laut. Arus yang terbentuk oleh angin permukaan ini disebut arus permukaan. Beberapa angin yang dapat menimbulkan arus, yaitu :
    • Angin Muson
      Angin muson mengakibatkan terbentuknya arus muson. Arus muson terdapat di perairan laut pedalaman Indonesia dan di Lautan Hindia sebelah utara khatulistiwa. Arus muson ini mengalami pergantian arah setiap setengah tahun.
    • Angin Pasat
      Angin pasat yang arahnya tetap, dapat menimbulkan arus tetap yang disebut arus khatulistiwa dan bergerak ke arah barat. Ada lima arus khatulistiwa, yaitu satu di Lautan Hindia, dua di Lautan Pasifik, dan dua di Lautan Atlantik.
    • Angin Barat
      Angin barat mengakibatkan arus angin barat yang tetap seperti yang terdapat di ketiga lautan belahan bumi selatan, di samping mempengaruhi arus teluk di Lautan Atlantik Utara dan Arus Kurosyiwo di Lautan Pasifik.
  2. Perbedaan Kepadatan Air Laut
    Perbedaan kepatan air laut dapat menyebabkan terbentuknya arus laut. Jika kepadatan air laut bagian atas dan bagian bawah tidak sama maka dapat menyebabkan terbentuknya arus vertikal. Arus ini bergerak dari bawah menuju ke permukaan laut.
  3. Perbedaan Kadar Garam
    Arus laut yang disebabkan perbedaan kadar garam dibedakan atas arus atas dan arus bawah.
    • Arus Atas
      Arus Atas ini terjadi karena adanya gerakan air dari laut yang kadar garamnya rendah ke laut yang kadar garamnya tinggi.
    • Arus Bawah
      Arus Bawah ini terjadi karena adanya gerakan air dari laut yang kadar garamnya tinggi ke laut yang kadar garamnya rendah.
  4. Pasang Naik dan Pasang Surut
    Pasang naik dan pasang surut dapat menimbulkan arus di selat-selat yang sempit. Contoh: Selat Bali, Selat Lombok, Selat Sunda, dan Selat Karimata.
  5. Perbedaan Suhu
    Perbedaan suhu air laut menyebabkan terbentuknya arus laut. Perairan laut yang bersuhu dingin akan menghangat karena adanya arus panas dari perairan lain yang bersuhu tinggi. Begitu pula pada wilayah perairan laut yang bersuhu tinggi/panas akan mendingin karena adanya arus dingin dari perairan lain yang bersuhu rendah/dingin.

Istilah-istilah Arus Laut

Di dalam sistem sirkulasi arus laut, terdapat beberapa istilah yang berhubungan dengan proses dan karakter gerakan arus, seperti up welling dan down welling, serta arus panas dan arus dingin.

  1. Up welling Current
    Up Welling Current adalah naiknya peristiwa massa air dingin dari lapisan laut dalam ke lapisan permukaan karena adanya kekosongan massa di permukaan. Zone Up Welling merupakan wilayah yang kaya dengan sumber daya ikan karena di daerah tersebut merupakan tempat berkumpulnya plankton sebagai makanan ikan. Contoh zone Up Welling di Indonesia adalah sekitar perairan Maluku.
  2. Down welling
    Down Welling Current adalah gerakan atau aliran air dari permukaan laut ke wilayah yang lebih dalam karena terjadinya penum pukan massa air di permukaan.
  3. Arus panas
    Arus panasadalah arus yang suhunya relatif lebih tinggi jika dibanding kan suhu air laut yang dilaluinya. Contohnya, antara lain arus Khatulistiwa, arus Teluk (Gulfstream), arus Kuroshio, dan arus Agulhas.
  4. Arus dingin
    Arus dingin adalah jenis arus laut yang suhunya relatif lebih dingin dibandingkan dengan suhu air yang dilaluinya, seperti arus Oyashio, arus Peru, arus Benguella, arus Labrador, dan arus Falkland.

Wilayah perairan laut yang menjadi tempat pertemuan antara arus panas dan dingin merupakan wilayah yang sangat diminati plankton sehingga merupakan kawasan yang kaya akan sumber daya ikan laut. Contoh pertemuan kedua arus yang berbeda suhunya antara lain di Kepulauan Jepang yang merupakan kawasan pertemuan arus Kuroshio dan Oyashio, serta di Kepulauan Falkland, yaitu merupakan zone pertemuan antara arus Humboldt dan arus Falkland

Persebaran Arus Laut di Dunia

Persebaran arus laut di dunia dikelompokkan dalam tiga wilayah samudera yaitu arus laut di samudera Pasifik, Atlantik dan Hindia. Persebaran arus laut tersebut adalah sebagai berikut :

Arus laut di Samudera Pasifik

  1. Sebelah utara khatulistiwa
    • Arus khatulistiwa Utara
      Arus khatulistiwa utara adalah arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa dan didorong oleh angin pasat timur laut.
    • Arus kurosio
      Arus kurosio adalah arus panas lanjutan arus khatulistiwa utara yang membelok ke utara setelah sampai Kepulauan Filipina, menyusur sebelah timur Kepulauan Jepang terus ke pesisir Amerika Utara (Kanada) sebagai arus menyimpang dan didorong oleh angin barat.
    • Arus Kalifornia
      Arus Kalifornia adalah arus dingin mengalir dari Selat Bening di dorong angin timur menuju selatan berakhir di sebalah timur Kepulauan Jepang. Di perairan Kepulauan Jepang, merupakan daerah perikanan yang kaya sebab daerah tersebut merupakan pertemuan arus oyashio yang membawa plankton-plankton tertahap oleh arus kurosio.
  2. Sebelah selatan khatulistiwa
    • Arus khatulistiwa Selatan
      Arus khatulistiwa selatan adalah arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa dan didorong oleh angin pasat tenggara.
    • Arus Australia Timur
      Arus Australia Timur adalah arus panas lanjutan arus khatulistiwa selatan mengalir sepanjang pesisir Australia Timur dari utara ke selatan sebagai arus menyimpang.
    • Arus Angin Barat
      Arus angin barat adalah arus dingin lanjutan arus Australia Timur yang mengalir menuju ke timur (pada lintang 30o – 40oLS) sejajar khatulistiwa dan di dorong oleh angin barat.
    • Arus Humboldt atau Arus Piru
      Arus Humboldt adalah arus dingin yang merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke utara menyusur sepanjang pesisir barat Amerika Serikat.
  3. Sepanjang garis khatulistiwa
    Arus khatulistiwa utara dan selatan setelah bergerak atau mengalir meninggalkan tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah dari sekitarnya sehingga segera tempat ini diisi oleh aliran air laut baru yang merupakan arus. Arus pengisi atau perata ini disebut arus kompensasi.

Arus Laut di Samudera Atlantik

  1. Sebelah utara khatulistiwa
    • Arus khatulistiwa Utara
      Arus khatulistiwa utara adalah arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa dan didorong oleh angin pasat timur laut.
    • Arus teluk atau Gullfstream
      Arus teluk adalah arus panas lanjutan arus khatulistiwa utara ditambah dengan sebagian arus khatulistiwa selatan semula masuk ke Laut Karibia menuju ke teluk Mexico dan keluar dari teluk melalui Selat Florida sebagai arus florida. Sebagai arus teluk karena sebagian besar arus ini keluar dari Teluk Mexico.
    • Arus Canari
      Arus canari adalah arus panas lanjutan dari arus teluk atau gulfstream yang mengalir di sepanjang pesisir daratan Spanyol dan mengalir ke selatan menyusur pantai barat Afrika Utara. Arus ini sebagai arus menyimpang.
    • Arus labrador
      Arus labrador adalah arus dingin yang berasal dari laut kutub utara mengalir ke selatan menyusur pantai timur tanah hijau dan didorong oleh angin timur. Arus ini umumnya membawa gunung es yang ikut dihanyutkan.
    • Arus tanah hijau atau arus greenland timur
      Arus tanah hijau adalah arus dingin yang mengalir dari laut kutub utara menuju ke selatan menyusur pantai timur tanah hijau dan didorong oleh angin timur.
  2. Sebelah selatan khatulistiwa
    • Arus khatulistiwa Selatan
      Arus khatulistiwa selatan adalah arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa dan didorong oleh angin pasat tenggara.
    • Arus Brazilia
      Arus Braziliaadalah arus panas lanjutan dari arus khatulistiwa selatan mengalir ke selatan menyusur pantai timur Amerika Selatan (Brazilia). Arus ini sebagai arus penyimpang.
    • Arus Angin Barat
      Arus angin barat adalah arus dingin lanjutan dari arus Brazilia yang mengalir ke timur (pada lintang 30o – 40oLS) sejajar khatulistiwa dan didorong oleh angin barat.
    • Arus Benguela
      Arus Benguela adalah arus dingin lanjutan dari arus angin barat yang mengalir ke utara menyusur pantai barat Afrika Selatan.

Arus Laut di Samudera Hindia

  1. Sebelah utara khatulistiwa
    Arus laut di Samudera Hindia keadaannya tidak sama di bandingkan samudera lain sebab gerakan arus tidak tetap arahnya dalam setahun, tetapi berganti arah dalam setengah tahun sesuai dengan gerakan angin musim yang menimbulkannya. Arus-arus tersebut sebagai berikut.
    • Arus muson barat daya
      Arus nusob barat daya adalah arus panas mengalir ke timur menyusuri Laut Arab dan Teluk Benggala yang didorong oleh angin musim barat daya. Arus ini kurang kuat sebab mendapat hambatan dari gerakan angin pasat timur laut.
    • Arus muson timur laut
      Arus muson timur laut adalah arus panas mengalir ke barat menyusuri Teluk Benggala dan Laut Arab yang didorong oleh angin musim timur laut. Arus yang terjadi bergerak agak kuat sebab didorong oleh dua angin yang saling memperkuat, yaitu angin pasat timur laut dan angin musim timur laut.
  2. Sebelah selatan khatulistiwa
    • Arus khatulistiwa selatan
      Arus khatulistiwa selatan adalah arus panas yang mengalir ke arah barat sejajar khatulistiwa dan didorong oleh angin pasat tenggara.
    • Arus maskarena
      Arus maskarena adalah arus panas lanjutan dari arus khatulistiwa selatan mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Pulau Madagaskar.
    • Arus agulhas
      Arus Agulhas adalah arus lanjutan dari arus khatulistiwa selatan mengalir ke selatan menyusuri pantai barat Pulau Madagaskar. Kedua arus tersebut merupakan arus menyimpang.
    • Arus angin barat
      Arus angin barat adalah arus dingin lanjutan dari sebagian arus angin barat mengalir menyusuri pantai barat Benua Australia dan akhirnya kembali menjadi arus khatulistiwa selatan.

Pengaruh dan Manfaat Arus Laut Bagi Kehidupan

Arus laut merupakan tubuh air laut yang bergerak dari wilayah perairan satu menuju ke perairan lain. Pergerakan arus laut memberikan pengaruh dan manfaat arus laut bagi kehidupan manusia, yaitu :

  1. Terhadap Iklim
    • Arus Kurosyiwo menyebabkan suhu Jepang Selatan dan Pantai Barat Kanada pada musim dingin suhunya sejuk.
    • Arus Labrador yang dingin menyebabkan suhu Jazirah Labrador menjadi rendah.
    • Arus Teluk yang panas menyebabkan musim dingin di Eropa Barat suhunya sejuk dan pelabuhan tidak pernah beku.
    • Arus Oyasyiwo yang dingin menyebabkan suhu di Hokaido rendah.
  2. Terhadap Pelayaran
    • Arus muson di Lautan Hindia dahulu banyak dipakai oleh orang Arab untuk berlayar ke India dan Malaka.
    • Arus musim di Laut Jawa dan Laut Cina Selatan dahulu banyak dipakai oleh orang Bugis dan Makasar untuk berlayar dari Ujungpandang ke Singapura.
  3. Terhadap Penyebaran Gunung Es
    Gunung-gunung es di lautan bebas dibawa oleh arus-arus dingin di lautan Atlantik belahan bumi utara karena adanya arus dingin.
  4. Arus Konveksi/Vertikal
    Arus vertikal menyebabkan permukaan air laut banyak lumpur, ini menjadi makanan plankton sehingga mengakibatkan banyak ikannya. Contoh: Laut Jawa, Selat Malaka, dan Laut Utara.
  5. Terhadap Perikanan
    Pertemuan arus panas dan arus dingin yang banyak planktonnya menyebabkan tempat itu banyak ikannya. Contoh: Pertemuan arus teluk yang panas dan arus Labrador yang dingin di dekat New Foundland, pertemuan arus panas Kurosyiwo dan arus dingin Oyasyiwo di sebelah timur Jepang.

Sumber Tulisan

  1. Dahuri, Rokhman. 2003. Keanekaragaman Hayati Laut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  2. Hutabarat, S. dan Stewart Evans, M. 1985. Pengantar Oseanografi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
  3. Nontji, Anugerah. 1986. Laut Nusantara. Jakarta: Djambatan

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.