Model Pembelajaran : Wordsearch Dalam Pembelajaran Geografi


Memanfaatkan Kuis Mencari Kata Untuk Mengasah Fokus Peserta Didik

Blog Guru Geografi MAN 1 Gunungkidul

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kita akan menghadapi kelas-kelas dengan karakter, motivasi dan semangat belajar yang berbeda-beda. Ada kelas yang selalu antusias dengan pembelajaran yang kita sampaikan, ada yang biasa saja, ada pula yang kurang memperhatikan materi yang sedang kita ajarkan. Hal ini ada kondisi yang umum dialami oleh guru. Faktor waktu dalam hal ini pada jam berapa jadwal kita masuk kelas juga sedikit banyak mempengaruhi fokus peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Seorang yang guru mendapat jadwal mengajar pada jam setelah jam 12 siang tentu mendapati tantangan yang lebih besar dalam mengelola kelas dibanding ketika masuk kelas pada jam pagi seperti pada jam ke-1 higga jam ke-4. Pada jam pagi tentu mayoritas peserta didik masih dalam keadaan fresh dan mudah menyerap materi pelajaran yang diperoleh. Namun ketika mengajar pada jam akan banyak faktor yang kemudian mempengaruhi fokus peserta didik dalam mengikuti pelajaran, seperti mengantuk, kekenyangan setelah makan pada jam istirahat hingga jenuh pada aktifitas belajar yang mungkin hampir mirip cara penyampaian guru dari pagi hingga siang tersebut.

Ada banyak terapan model pembelajaran untuk membuat peserta didik lebih tertarik pada materi yang disampaikan guru. Diskusi hingga tanya jawab, membuat penelitian kecil dari pengamatan multimedia, model permainan yang cocok diintegrasikan pada materi tertentu hingga aneka kuis baik secara offline maupun online.

Salah satu tantangan yang cukup sering saya dapatkan pada awal-awal pembelajaran dimulai adalah fokus peserta didik yang kurang. Ada beberapa model yang pernah saya terapkan untuk membuat siswa tertarik dan lebih fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yaitu dengan menerapakan Kuis Mencari Kata (Wordseach) secara manual pada selembar kertas soal. Apa itu Wordsearch sudah pernah saya share tulisannya pada sebuah postingan dan bisa dibaca pada link berikut :

Wordsearch atau Wordsquare pada dasarnya adalah kuis mencari kata atau istilah yang tersebar dalam bidang kotak-kotak persegi. Kata yang dicari dalam kotak-kotak ini dapat tersusun secara vertikal, horisontal maupun diagonal. Untuk dapat menemukan kata yang dimaksud peserta didik tinggal harus cermat dan teliti agar kata yang dimaksud dapat ditemukan. Wordsearch dapat digunakan untuk membuat peserta didik menjadi fokus pada materi yang disampaikan guru. Kegiatan ini dapat diberikan pada awal pembelajaran, di tengah-tengah kegiatan pembelajaran atau pada tahap akhir yaitu evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik. Contoh model Wordsearch misalnya seperti pada gambar berikut ini.

Soal kuis Wordsearch ini saya buat di situs online thewordseach.com yang kemudian hasilnya saya screenshot menggunakan snipping tool dan dipaste ke lembar file dokumen Microsoft Word. Agar tidak hanya berupa lembar Wordsearch seperti pada bagian kiri, kemudian saya tambahkan soal sesuai dengan jawaban sudah tersedia pada kolom soal Wordseach, sehingga pada lembar soal ini peserta didik melakukan dua kegiatan yaitu mencari kata dan mengerjakan soal menjodohkan. Bagaimana gambaran aktifitas peserta didik dalam kegiatan ini dapat diamati pada link berikut :

Dua aktifitas dalam satu lembar kerja ini cukup membuat peserta didik menjadi lebih terbentuk fokus dan konsentrasinya sehingga menjadi lebih mudah menerima materi pembelajaran yang akan kita sampaikan. Contoh file Wordsearch dan menjodohkan dapat diunduh pada link berikut :

Banyak cara yang bisa kita terapkan untuk membuat peserta didik kembali fokus pada kegiatan pembelajaran, dan Wordsearch adalah salah satu cara yang bisa kita pilih.

= – = – =
Terimakasih atas kunjungannya.
Mohon kritik dan sarannya
Selamat belajar. Semoga bermanfaat.