Persebaran Bioma di Bumi


Tujuh Wilayah Persebaran Bioma di Bumi

Biosfer

= – = – =

Persebaran flora dan fauna di permukaan bumi terjadi secara tidak merata. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti tidak adanya faktor penyebab persebaran, sedikitnya media persebaran hingga faktor penghambat yang dominan. Pada flora yang tidak mampu menyebarkan diri secara langsung karena kondisi biologisnya yang tidak dapat berpindah tempat, maka kondisi yang demikian menyebabkan terbentuknya ekosistem flora yang luas menempati suatu wilayah. Keberadaan ekosistem flora yang luas ini juga mempengaruhi berbagai jenis fauna yang hidup di wilayah tersebut.

Pengertian Bioma

Ekosistem flora dalam lingkup wilayah yang luas di permukaan bumi dibagi dalam tujuh jenis, sering disebut dengan bioma. Bioma adalah wilayah yang memiliki sifat geografis atau iklim yang sama yang meliputi komunitas tumbuhan (flora) dan hewan (fauna).

Beberapa faktor yang mempengaruhi persebaran flora dalam hal ini bioma adalah :

  1. Perbedaan letak lintang
  2. Perbedaan ketinggian tempat dari permukaan laut

Persebaran Bioma di Bumi

Bioma memiliki wilayah persebaran yang beragam. Ada yang tersebar hanya di daerah tropis, ada yang tersebar di daerah sedang hingga dingin bahkan di lingkar kutub utara dan selatan. Bioma di bumi dapat kita amati persebarannya pada peta berikut ini :

Berdasarkan peta persebaran di atas dapat kita ketahui bahwa ekosistem bioma di bumi secara umum terbagi dalam 7 kelompok bioma, dengan penjelasan sebagai berikut.

1. Bioma Hutan Hujan Tropis

Bioma hutan tropik (tropical rainforest biome) merupakan kawasan hutan yang terdapat di daerah tropis yang dicirikan dengan curah hujan, suhu dan kelembaban yang tinggi sepanjang tahun. Memiliki pohon yang tinggi dan lebat, semak belukar dan tumbuhan merambat. Wilayah persebaran bioma hutan hujan tropis antara lain Asia Tenggara, Madagaskar, Afrika Timur hingga barat, Brazil dan Karibia. Bioma hutan hujan tropis merupakan bioma yang sangat kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Contoh flora yang ada di bioma ini adalah deptirokarpus, sedangkan contoh fauna adalah orang utan.

2. Bioma Sabana

Bioma Sabana (Savannah Biome) merupakan padang rumput luas yang diselingi oleh kumpulan pepohonan. Sabana merupakan salah satu sistem biotik terbesar di bumi yang menempati daerah luas di Benua Afrika, Amerika Selatan dan Australia. Sabana pada umumnya terbentuk di daerah tropik sampai subtropik. Contoh flora di bioma ini adalah pohon Baobab, sedangkan fauna misalnya Jerapah.

3. Bioma Stepa

Bioma stepa (steppe) merupakan bioma yang mirip dengan Sabana, yaitu suatu kawasan padang rumput. Yang membedakan dengan sabana adalah pohon besar yang ada di bioma ini sangat sedikit sehingga tampak seperti pohon penyendiri. Bioma ini terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan, meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika bagian barat, Argentina dan Australia. Contoh flora khas di bioma ini adalah Akasia, sedangkan untuk fauna misalnya Cheetah.

4. Bioma Gurun

Bioma gurun atau desert merupakan bioma yang didominasi oleh pasir dan batu dengan tumbuhan yang sangat jarang. Bioma ini memiliki suhu harian yang tinggi karena sinar matahari yang terik sebagian terserap langsung oleh permukaan bumi dan dan sebagian dipantulkan sehingga selalu panas. Contoh flora khas di bioma ini adalah kaktus, sedangkan fauna misalnya unta.

5. Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur (decidious forest biome) merupakan bioma yang terdapat di daerah beriklim kontinental dengan curah hujan cukup. Bioma ini banyak terdapat di daerah dengan 4 musim yaitu musim semi (spring), panas (summer), gugur (autumn) dan dingin (winter). Salah satu negara yang terdapat di kawasan bioma ini adalah Jepang di belahan bumi utara dan Selandia Baru di belahan bumi selatan. Contoh flora bioma ini adala pohon oak, fauna misalnya rakun (racoon).

6. Bioma Taiga

Bioma Taiga adalah bioma yang didominasi oleh hutan konifer, yaitu hutan dengan jenis pohon-pohon yang tinggi dan membentuk menara meruncing ke atas. Disebut juga Boreal Forest dan dapat ditemukan di belahan bumi utara di wilayah negara Kanada dan Rusia. Contoh flora bioma Taiga misalnya pohon Alder, sedangkan fauna contohnya beruang Grizzly.

7. Bioma Tundra

Bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Pada bioma ini tidak ada pepohonan yang dapat tumbuh, yang ada hanya tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Bioma ini terdapat di sekitar lingkar Artik, Greenland di wilayah kutub utara. Di wilayah kutub selatan terdapat di Antartika dan pulau-pulau kecil disekitar Antartika. Contoh flora di bioma ini adalah rumput Artic Moss, sedangkan faunanya adalah beruang kutub.

Itulah tadi sekilas tentang persebaran tujuh bioma besar di bumi. Untuk mendapatkan ulasan lebih lengkap silahkan cari postingan-postingan lain di blog ini tentang setiap bioma secara khusus. Sedangkan untuk ulasan materi di atas dalam bentuk video dapat anda simak di link berikut. Silahkan klik pada gambar Youtube.

= – = – =

Untuk memahami artikel di atas dalam bentuk presentasi video dapat anda klik icon menuju link Youtube berikut ini.

Sumber Tulisan :

  1. Aribowo, Yoga. 2007. Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Ganeca Exact
  2. Suharini, Erni & Panlangan, Abraham. 2014. Biogeografi. Yogyakarta : Ombak
  3. Yulir, Yulmadia. 2007. Geografi 2 : SMA Kelas XI. Bogor : Yudhistira

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.