Planet


Klasifikasi Planet Dalam Tata Surya Matahari

= – = – =

.

Planet merupakan benda angkasa yang tidak memiliki cahaya sendiri, berbentuk bulatan dan beredar mengelilingi matahari. Sebagian besar planet memiliki pengiring atau pengikut planet yang disebut satelit yang beredar mengelilingi planet.


Dalam sistem tata surya terdapat delapan planet. Berdasarkan urutan nya dari matahari. Planet-planet tersebut terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, beredar mengelilingi matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing dalam suatu sistem tata surya.

Baca Juga : Teori Terjadinya Tata SuryaMatahariKlasifikasi PlanetMerkuriusVenusBumiMarsJupiter, SaturnusUranusNeptunusPlanet KerdilKometAsteroid dan Meteor.

Planet-planet yang terdapat dalam tata surya matahari diklasfikasikan menurut keriteria tertentu, antara lain :

1. Klasifikasi Planet Berdasarkan Bumi Sebagai Pembatasnya

  • Planet inferior. Planet kelompok ini adalah planet-planet yang orbitnya terletak di dalam orbit Bumi. Planet inferior hanya ada dua, yaitu Merkurius dan Venus.

  • Planet superior. Planet ini memiliki orbit di luar orbit Bumi saat mengitari Matahari. Planet superior beranggotakan Planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

.

2. Klasifikasi Planet Berdasarkan Lintasan Asteroid Sebagai Pembatasnya.

  • Planet dalam (inner planets), Planet kelompok ini memiliki orbit di dalam lintasan asteroid, yaitu Planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars.

  • Planet luar (outer planets). Kelompok planet ini memiliki orbit di sisi luar lintasan asteroid.  Planet yang termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

.

3. Klasifikasi Planet Berdasarkan Ukuran dan Komposisi Bahan Penyusunnya.

  • Planet terrestrial atau planet kebumian. Planet kelompok ini memiliki ukuran dan komposisi penyusunnya (batuan) mirip dengan Bumi. Planet terrestrial atau “semarga” dengan Bumi adalah Planet Merkurius, Venus, dan Mars.

Presented by: Nikita Bogdanov. Terrestrial planets vs. Jovian planets.

  • Planet jovian atau planet raksasa. Kelompok ini beranggotakan planet-planet berukuran besar dan komposisi penyusunannya mirip Jupiter, yaitu terdiri dari sehagian besar es dan gas hidrogen. Planet jovian terdiri dari Planet Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

.

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.